Pertanyaan

 

Pertanyaan

Sampaikan pertanyaan menganai kesulitan belajarmu kepada tim narasumber yang kompeten. Kamu harus login JSS terlebih dahulu untuk mengajukan pertanyaan, klik di sini untuk login JSS

 
7 September 2022
Adinda
Bimbingan Konseling

Bu mengapa saya sering merasa bosan belajar dan sulit berkonsentrasi ? Kalau sudah begitu di sekolah itu rasanya lama banget. kasih saran ya Bu, supaya saya memiliki semangat. Terima kasih

Selamat siang Adinda, semoga selalu sehat ya nak.  Terima kasih sudah mengunjungi KBS. 

Oya kebosanan itu bisa menghampiri siapa saja dan kapan saja. Tidak melulu tentang kebosanan belajar nak, tetapi dapat juga kebosanan-kebosanan yang lain. Kebosanan biasanya muncul jika sesuatu dilakukan hanya mengikuti  rutinitas dan tidak disertai dengan suasana hati yang mendukung. Jika rasa bosan muncul maka tidak hanya belajar yang rasanya menjadi sulit berkonsentrasi, berat dan terasa lama, tetapi hati juga menjadi tidak gembira. sesuatu yang dilakukan dengan berat hati sudah barang tentu tidak kan produktif hasilnya ya nak. Oleh karena itu perlu dicari sumber penyebab rasa bosannya. Sebagai pelajar  ada beberapa hal yang memungkinkan untuk kita lakukan untuk  membuang rasa bosan tersebut, misalkan :

1. Melakukan refreshing sederhana yang memungkinkan (kulineran, bersepeda,dll)

2. Mempelajari hal-hal baru (membaca buku humor, melihat yuotube, praktek memasak, berkebun, melakukan hobby,dll)

3. Melakukan aktifitas fisik (oleh raga, ice breaking, )

4. Ubah tempat / cara mengerjakan sesuatu tugas. Kalo biasanya dalam ruangan cobalah lakukan diluar ruangan, belajar secara berkelompok, )

5. Gunakan media belajar yang dirasa menimbulkan semangat dan energy baru (mind maping, video, demo, praktek)

Ok ananda  Adinda demikian beberapa tips yng bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan belajar ya nak. Semoga mampu menjawab permasalahan ananda ya. Silahkan mengunjungi KBS lagi jika masih ada pertanyaan ya nak. terima kasih

 


Tri Nurjayanti 19 September 2022 14:17

31 Agustus 2022
ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD
Bimbingan Konseling

Kak, tolong dong jelasin, profil pelajar Pancasila itu kayak apa sih ? apakah kalau kita sudah rajin beribadah itu sudah menunjukkan profil pelajar Pancasila ?

Hallo selamat siang Ananda, tks sudah mengunjungi KBS 

Profil pelajar pancasila adalah sejumlah kompetensi atau karakter yang diharapkan dapat dikuasai oleh semua pelajar Indonesia selama belajar dan penjadi pelajar di setiap tingkat  satuan pendidikan . Adapun karekter yang  harus dikuasai oleh semua pelajar itu bermuara dari nilai-nilai luhur Pancasila yang meliputi dimensi :

1. Beriman , bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

2. Berkebhinekaan Global

3. Mandiri

4. Bergotong royong

5. Bernalar Kritis

6. Kreatif 

Ketika seorang siswa sudah rajin menjalankan ibadahnya dengan sungguh-sungguh maka itu hal yang sangat baik sekali, tetapi seorang pelajar yang memiliki karakter profil pelajar pancasila  tidak cukup hanya rajin menjalankan ibadah saja , ada karakter lain yang harus dijunjung tinggi yaitu memiliki akhlak yang baik kepada diri sendiri, sesama manusia , lingkungan alam  dan bangsa negara. Jadi ibadahnya juga harus dapat dilihat dalam kehidupannya sehari-hari . Demikian ananda jawaban dari Ibu. silahkan kunjungi KBS jika masih ada hal-hal yang perlu ananda tanyakan, dengan senang hati kami seluruh nara sumber di KBS akan berusaha menjawabnya. Terima kasih nak dan selamat melanjutkan belajarmu dengan rasa gembira. 


5 September 2022 2:23

29 Agustus 2022
ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD
Bimbingan Konseling

mohon ijin bertanya. Apa yang harus kami persiapkan agar dapat mengikuti pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dengan lancar ? Kurikulum merdeka itu seperti apa , kok hanya untuk kami yang kelas 7 ?

Bersiap sebagaimana pelajar ya...siap belajar dengan senang hati , agar dapat belajar dengan optimal. sadar bahwa kalian perlu belajar, bukan karena dipaksa belajar.Bersiap juga ya  untuk mengenal/ memahami  bakat & minat masing masing , agar dapat  dikembangkan secara optimal pula. Kurikulum merdeka itu merupakan upaya menuju visi pendidikan dalam membentuk generasi yang berkualitas, mewujudkan  profil Pelajar pancasila. Untuk kls 7 kaarena baru diberlakukan pada tahun 2022 ini.


ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD 29 Agustus 2022 3:35

15 Agustus 2022
PUJI LESTARI
Bimbingan Konseling

arti bullying apa ya bu?

Selamat siang ananda, semoga kita semua selalu sehat ....

Terima kasih sudah mengunjungi KBS Online.

Oya bullying  atau perundungan itu adalah sebuah tindak kekerasan yang  dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang yang dianggap lemah posisinya, dalam bentuk verbal (ucapan) maupun non verbal ( tindakan  fisik) dengan tujuan menyakiti, merendahkan, membuat takut, merasa terancam dan tidak tenang.  


Tri Nurjayanti 15 Agustus 2022 2:23

21 Januari 2021
Sttaf vacum Afifah azahra
Bimbingan Konseling

Pak,kenapa air hujan gk pernah habis sih?

 

Selamat siang ananda Staf Vacum / Afifah Azahra yang sedang belajar di rumah . Terima kasih sudah mengunjungi KBS.

Untuk pertanyaan ananda mengapa air hujan tidak pernah habis itu disebabkan karena siklus terkjadinya hujan juga terus berlangsung dialam ini. sehingga air hujan terus dihasilkan dari siklus tersebut. oya ananda bisamembuak lagi diklus terjadinya hujan ya nak. terima kasih. selamat melanjutkan belajar dengaan gembira. selalu sehat dan semangat. terima kasih kami tunggu kunjungannya di KBS lagi. tks

 

 


Tri Nurjayanti 14 September 2021 0:0

14 September 2020
Davindra Ezra Setiyawan
Bimbingan Konseling

Bu bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat? Dan bagaimana agar mudah konsentrasi?

Hllo ananda Davindra, senang ananda sudah mengunjungi KBS online ya nak.  Semoga ananda dan keluarga selalu sehat ya dik.

Setiap orang utamanya pelajar tentu sangat berharap memiliki daya ingat  yang baik , karena daya ingat yang baik sangat berpengarug pada capaian prestasinya. tetapi pada kenyataannya tidak semua anak memiliki daya ingat yang baik. Tetapi bukan berarti anak yang memiliki daya ingat terbatas tidak dapat berhasil. ada bberapa cara untuk mengasah daya ingat dan konsentrasi supaya menjadi lebih baik.

Beberapa cara yg dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi antara lain :

1. Belajar dengan menggunakan gambar. Gambar dapat bermanfaat untuk memanggil ingatan kita tentang sebuah materi pelajaran. Jadi HUNAKAN gambar yang dapat membantu imgatan dan konsentrasi kita.

2. Belajar dengan cara sering mereview.  Artinya materi pelajaran itu sering kita ulang-ulang supaya mengendap dalam ingatan kita.

3. Gunakan jembatan keledai atau singkatan  yang dapat mempermudah kita untuk mengingat-ingat suatu materi pelajaran. 

4.Belajar  dengan menggunakan ringkatasn/ catatan atau kartu catatan, caranya  buatlah catatan=catatan kecil  dlm bentuk yang dapat memabntu ingatan kita terhadap sebuat materi pelajaran 

5. Hindari belajar dengan materi yang langsung banyak sekali karena jelas nnt akan banyak juga yang terlupa, oleh karena belajarlah secara sering dan ajeg supaya memori kita terlatih untuk menyimpan yang kita baca atau kita pelajari. 

6. Belajar dengan membuat coretan-coretan atau latihan mengerjakan  

Itu berapa cara untuk kita melatih ingatan dan daya konsentrasi kita ya  ananda Davindra, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.  Jika ada hal hal yamg belum jelas silahkan ditanyakan lagi ya nak.  Selamat siang dan terrim aksih sudah mengunjungi Kbs, salam sehat dan belajarlah dengan gembira, tks


Tri Nurjayanti 16 September 2020 0:0

18 April 2020
Nana
Bimbingan Konseling

Mengapa Yogyakarta masyarakatnya tidak takut Virus corona ? Masih banyak orang orang nongkrong .

Mbak Nana yang cute, trimakasih sudah bergabung dengan KBS ONLINE

Memang akhir-akhir ini sudah mulai lagi banyak orang yang nongkrong dan jalanan pun mulai ramai kembali setelah beberapa waktu yang lalu selama kurang lebih 3 pekan diberlakukan kebijakan untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah saja. Bukannya tidak takut pada virus corona.....Tidak ada yang tidak takut dengan virus yang berbahaya ini. tetapi mungkin karena sudah merasa jenuh dirumah saja sementara kebutuhan tetap harus terpenuhi sehingga banyak orang yang kembali bekerja untuk mencukupi  kebutuhan hidup mereka. Selain itu karena  merasa tidak terjadi apa-apa pada diri mereka lantas mereka pun mulai lengah. Mereka tidak menyadari bahwa virus ini bisa mengancam siapa pun. kapan pun dan dimana pun.  Walau kelihatannya sehat dan cukup kuat namun siapa tahu sebenarnya diri mereka sendiri sebagai  membawa virus yang bisa ditularkan kepada siapa saja yang daya tahannya lebih lemah seperti orang tua dan anak-anak kecil. 

Sampai hari ini saja, sudah sebanyak 6760 kasus yang terpapar virus corona di Indonesia. Semakin hari semakin bertambah, dan sebenarnya hal ini harus menjadi perhatian bersama. Perlu kesadaran semua pihak untuk mengikuti kebijakan pemerintah untuk melakukan pola hidup bersih, melakukan social distancing ( membatasi interaksi dengan orang lain yang tidak perlu termasuk nongkrong-nongkrong), tetap melaksanakan pysical distancing (jaga jarak) dan menggunakan masker bila keluar rumah. Nah kalau masyarakat banyak yang nongkrong-nongkrong itu artinya mereka tidak menyadari betapa pentingnya mengikuti anjuran pemerintah/protokol dalam mencegah meluasnya virus corona.

Nah, pesan ibu, untuk mbak Nana, sampai keadaan darurat corona dinyatakan   dicabut oleh pemerintah, tetaplah # dirumah saja, belajar,  beraktifitas dan beribadah dari rumah. 

Demikian jawaban Ibu. semoga masyarakat kembali sadar pentingnya mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah meluasnya virus corona. Tetap smangat ya,,,,Selamat belajar online! 


ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD 20 April 2020 0:0

27 Maret 2020
Abel
Bimbingan Konseling

Kapan belajar onlinenya selesai dan masuk sekolah lagi? Lama sekali

Hallo selamat pagi anada Abel , bagaimana kabarmu nak? semoga hari ini menyenangkan ya  dan terima kasih sudah mengunjungi kbs online. 

Oya, ngomong-ngomong apa yang ananda rasakan dengan sistem belajar secara  online selama beberapa minggu ini nak?  Apakah ananda mulai merasa  bosan atau malah menyenangkan ? Yaakk setiap model belajar tentunya ada sisi kebaikan dan kekurangannya ya nak, termasuk cara belajar secara online ini. Cara belajar secara online biasanya dilakukan ketika  tidak memungkinkan untuk belajar secara tatap muka dan bertemu, mungkin karena jarak, kesehatan, keadaan alam, kebijakan pemerintah, atau hal-hal yang lain. Nah  kebetulan  kita saat ini ada dikondisi ini ya nak. harus melakukan pembelajaran secara online karena adanya wabah pandemi Corona. Kapan berakhirnya? Semoga tidak lama lagi. Kita sama-sama tidak tahu, oleh karena itu supaya keadaan segera membaik kita sama-sama ikuti anjuran pemerintah unutk tetap berada di rumah saja , belajar dirumah, beribadah di rumah dan bekerja dr rumah. Memang membosankan  tetapi setidaknya ini yang harus kita lakukan.

Ananda mulai rindu suasana interaksi dengan teman-teman yang ceria dan akrab ya nak?  Tentunya kita semua juga rindu suasana itu. Yuuukk, kita berdoa ya supaya wabah ini segera hilang dan ananda Abel bisa kembali masuk sekolah seperti biasa, berjumpa dengan teman dan gurumu, menyapa, tersenyum dan belajar di kelas formal lagi. Kalau situasi sudah memungkinkan tentu akan ada pengumuman dari sekolah ananada, tunggu ya. Demikian ananda Abel, selamat melanjutkan aktivitasmu  dengan gembira sekalipun tetap dari rumah  ya nak. ibu berdoa ananda Abel dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Aamiin . Terima kasih

 


Tri Nurjayanti 30 Maret 2020 0:0

27 Maret 2020
Lintang
Bimbingan Konseling

Bagaimana caranya menghadapi teman yang suka kepo?

Ananda Lintang yang baik , trimakasih sudah bergabung dengan KBS ONLINE.

Kepo atau mau tahu banyak urusan orang lain, sering membuat  kita tidak nyaman.  walaupun jujur saja terkadang kita sendiri juga suka kepo kan ? 

Dalam pertemanan, karena sudah merasa akrab sering kita suka berbagi cerita, namun bagi teman yang suka kepo, masih pengen tahu lebih dan lebih banyak lagi. Kalau sudah begini bisa membuat kita jengkel . Oleh karena itu ada beberapa cara menghadapi teman yang suka kepo antara lan :

1. Cobalah untuk mengalihkan pembicaraan. Biasanya orang yang kepo suka sekali melakukan interupsi saat kamu berbicara. Biila temanmu itu bertanya macam-macam diluar yang sudah kamu bicarakan, jangan tterlalu diladeni. Alihkan pembicaraanmu dengan topik-topik pembicaraan yang lain.

2.  Tegurlah temanmu itu dengan secara halus. Biasanya temen yang suka kepo ini akan mencari tahu tentang kamu dari banyak sumber termasuk menanyakan kepada sahabatmu. Dan sahabatmu pun akan ikut terusik juga karenanya. Nah, kamu bisa menegurnya secara halus, katakan bahwa kamu punya privasi yang tidak semua harus diketahui olehnya.

3. Hindari interaksi yang kurang penting atau kalau saat sekarang ditengah wabah corona ini namanya sosial distancing, jaga jarak secara social, untuk mencegah temanmu kepo lebih dalam.

4. Bisa juga kalau kamu mampu, tgurlah dengan tegas. Katakan bahwa  bahwa kamu tidak menyukai sikap keponya.

5. Perlu ekstra sabar menghadapi teman yang suka kepo. Sabar itu bukan berarti tanpa usaha. Kita tetap berusaha melakukan hal2 tsb untuk menghadapi sikap temanmu yang suka kepo.

Demikian ya, jawaban ibu...semoga kamu bisa selalu sabar dalam menghadapi temanmu yang suka kepo.

Tetap semangat belajar ya...smoga sukses belajarnya. 


ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD 30 Maret 2020 0:0

27 Maret 2020
Anissa
Bimbingan Konseling

Selamat malam, mau tanya SMKN 1 jurusan yang tersedia apa saja? Terus siswa yang diterima berapa? Terim kasih

Selamat malam ananda Anissa, bagaimana kabar ananda ? Ibu berharap Ananda dan keluarga sehat sehat saja.  Terima kasih juga Ananda sudah mengunjungi KBS  Online. 

Oya, Ananda Anissa SMKN 1 karena jadwal untuk seleksi PPBD tingkat SMK  untuk tahun ini masih dalam persiapan / perencanaan , jadi kemungkinan daya tampung sekolah masih sama dengan tahun sebelumnya ya nak. SMKN 1 Yogyakarta menerima 216 siswa, yang terdidi dari jurusan :

1. Otomatisasi dan tata kelola perkantoran, 72 siswa

2. Akuntansi dan Keuangan Lembaga, 72 siswa

3. Bisnis Daring  ( Online ) dan Pemasaran, 72 siswa

SMKN 1 sendiri beralamat di Jalan Kemetiran Kidul No. 35 Yogyakarta. 

Demikian ananada Anissa jurusan yang tersedia di SMKN 1 Yogyakarta, semoga jawaban ibu  dapat memberimu sedikit gambaran   tentang penjurusan dan daya tampungnya di SMKN 1 Yogyakarta. selamat melanjutkan belajarmu dengan gembira. dan ibu tunggu kunjunganmu di kbs online lagi nak. Tks 


Tri Nurjayanti 27 Maret 2020 0:0

 

Ajukan Pertanyaan

Pertanyaan Terbaru

Materi Pembelajaran Terbaru