Pertanyaan

 

Pertanyaan

Sampaikan pertanyaan menganai kesulitan belajarmu kepada tim narasumber yang kompeten. Kamu harus login JSS terlebih dahulu untuk mengajukan pertanyaan, klik di sini untuk login JSS

 
20 Maret 2023
ABDUL RAHIM
Bimbingan Konseling

CANGKANG KERAS PADA HEWAN KURA KURA DISUSUN OLEH BEBERAPA JENIS TULANG, YAITU TULANG?

 

Selamat siang Abdul Rahim, terima kasih sudah mengunjungi KBS...

Ibu akan mencoba menjawab pertanyaan ananda sekalipun mungkin pertanyaannya,  lebih tepat ditujukan untuk mapel IPA.

Tempurung kura-kura terdiri atas 50 tulang terdiri dari  tulang rusuk, tulang bahu dan tulang belakang yang menyatu bersama-sama untuk membentuk tempurung eksteternl. Tempurung yang keras pada kura-kura biasa disebut karapaks.  

Demikian Ananda Abdul Rahim. silahkan kunjungi KBS lagi jika ada pertanyaan lain ya nak. silahkan melanjutkan belajarmu dengan gembira. salam sehat selalu. 


Tri Nurjayanti 14 Agustus 2023 14:41

12 Mei 2023
YUNI INDRIYAWATI
Bimbingan Konseling

Mau tanya seputar ijazah,
Bagaimana cara mendapatkan ijazah kesetaraan sekelas Smp
Karena waktu Sd kls 2 sampe kls 3 smp di pondok, skrg lulus tapi tanpa ijazah

Selamat siang Sdr Yuni Indriyawati

Untuk mendapatkan ijasah kesetaraan setingkat SMP (Paket B) silahkan datang ke PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang dekat dengan tempat tinggal. Untuk Kota Yogyakarta bisa berkunjung ke PKBM Jln Gayam, Jln Bangirejo. Terima kasih


Tri Nurjayanti 7 Agustus 2023 14:40

13 Desember 2022
KHIDRIAN ARFIANSYAH
Bimbingan Konseling

Apa yang menyebabkan orang depresi

Selamat siang Khidrian Afriansyah, terima kasih sudah mengunjungi KBS online.

Banyak hal yang dapat  menyebabkan seseorang depresi antara lain :

1. Ketahanan mental yang lemah

2. Memiliki penyakit kronis yang tidak kunjung sembuh

3. Lingkungan teman pergaulan/ keluarga/ sekitar yang kurang peka membantu keluar dari permasalahan

4. Kepribadian seseorang. 

5. Perstiwa traumatis yang selalu membayangi/ masalah keluarga/ 

Demikain  beberapa hal yang dapat menyebab seseorang depresi.terima kasih 

 


Tri Nurjayanti 1 Maret 2023 14:54

22 November 2022
LISTIYAN RUDI ANTO
Bimbingan Konseling

Anak yang malas untuk belajar solusinya menangani bagaimana terima kasih?

Selamat siang sdr Listiyan Rudi Anto, terima kasih sudah mengunjungi KBS online. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang anak malas untuk belajar, untuk menanganinya kita harus tahu faktor apa yang menyebabkannya malas belajar. Apakah dari dalam diri anak sendiri misalkan kurang motivasi, kesehatan, pemahaman, kelelahan atau adanya konflik internal. Sedang faktor dari luar misalkan tidak suka dg pelajaran, tidak paham dg guru menerangkan, takut pada guru,dirundung teman,  kurang fasilitas belajar, dll. harapannya setelah diketahui dapat ditempuh-tempuh cara mengurai permasalahannya. 

Secara umum dapat saya sampaikan solusi umum untuk menangani anak yang malas belajar adalh dengan :

1. Memberikan pemahaman akan tujuan/maksud belajar. 

2. Sampaikan bahwa apa yang dipelajari itu ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari jadi tidak sia-sia

3. Bangkitkan motivasinya, semangatnya jika berlu beri hadiah. buat kontak-kontak yang disepakai bersama untuk kebaikan bersama. 

4. Dampingi/ tungguin/ membersamai anak selama belajar, sehingga anak merasa tidak berjuang sendiri.

5. Jangan pelit pujian jika anak melakukan berubahan baik

6. Ajak anak berkomunikasi untuk mengungkapkan kendala belajarnya dan mencari solusi bersama.

7. Jauhkan / batasi penyebab kemalasannya. 

itu bebrapa solusi yang yang bisa dilakukan untuk menangani anak yang malas belajar.

 


Tri Nurjayanti 1 Maret 2023 14:33

7 September 2022
Adinda
Bimbingan Konseling

Bu mengapa saya sering merasa bosan belajar dan sulit berkonsentrasi ? Kalau sudah begitu di sekolah itu rasanya lama banget. kasih saran ya Bu, supaya saya memiliki semangat. Terima kasih

Selamat siang Adinda, semoga selalu sehat ya nak.  Terima kasih sudah mengunjungi KBS. 

Oya kebosanan itu bisa menghampiri siapa saja dan kapan saja. Tidak melulu tentang kebosanan belajar nak, tetapi dapat juga kebosanan-kebosanan yang lain. Kebosanan biasanya muncul jika sesuatu dilakukan hanya mengikuti  rutinitas dan tidak disertai dengan suasana hati yang mendukung. Jika rasa bosan muncul maka tidak hanya belajar yang rasanya menjadi sulit berkonsentrasi, berat dan terasa lama, tetapi hati juga menjadi tidak gembira. sesuatu yang dilakukan dengan berat hati sudah barang tentu tidak kan produktif hasilnya ya nak. Oleh karena itu perlu dicari sumber penyebab rasa bosannya. Sebagai pelajar  ada beberapa hal yang memungkinkan untuk kita lakukan untuk  membuang rasa bosan tersebut, misalkan :

1. Melakukan refreshing sederhana yang memungkinkan (kulineran, bersepeda,dll)

2. Mempelajari hal-hal baru (membaca buku humor, melihat yuotube, praktek memasak, berkebun, melakukan hobby,dll)

3. Melakukan aktifitas fisik (oleh raga, ice breaking, )

4. Ubah tempat / cara mengerjakan sesuatu tugas. Kalo biasanya dalam ruangan cobalah lakukan diluar ruangan, belajar secara berkelompok, )

5. Gunakan media belajar yang dirasa menimbulkan semangat dan energy baru (mind maping, video, demo, praktek)

Ok ananda  Adinda demikian beberapa tips yng bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan belajar ya nak. Semoga mampu menjawab permasalahan ananda ya. Silahkan mengunjungi KBS lagi jika masih ada pertanyaan ya nak. terima kasih

 


Tri Nurjayanti 19 September 2022 14:17

31 Agustus 2022
ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD
Bimbingan Konseling

Kak, tolong dong jelasin, profil pelajar Pancasila itu kayak apa sih ? apakah kalau kita sudah rajin beribadah itu sudah menunjukkan profil pelajar Pancasila ?

Hallo selamat siang Ananda, tks sudah mengunjungi KBS 

Profil pelajar pancasila adalah sejumlah kompetensi atau karakter yang diharapkan dapat dikuasai oleh semua pelajar Indonesia selama belajar dan penjadi pelajar di setiap tingkat  satuan pendidikan . Adapun karekter yang  harus dikuasai oleh semua pelajar itu bermuara dari nilai-nilai luhur Pancasila yang meliputi dimensi :

1. Beriman , bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

2. Berkebhinekaan Global

3. Mandiri

4. Bergotong royong

5. Bernalar Kritis

6. Kreatif 

Ketika seorang siswa sudah rajin menjalankan ibadahnya dengan sungguh-sungguh maka itu hal yang sangat baik sekali, tetapi seorang pelajar yang memiliki karakter profil pelajar pancasila  tidak cukup hanya rajin menjalankan ibadah saja , ada karakter lain yang harus dijunjung tinggi yaitu memiliki akhlak yang baik kepada diri sendiri, sesama manusia , lingkungan alam  dan bangsa negara. Jadi ibadahnya juga harus dapat dilihat dalam kehidupannya sehari-hari . Demikian ananda jawaban dari Ibu. silahkan kunjungi KBS jika masih ada hal-hal yang perlu ananda tanyakan, dengan senang hati kami seluruh nara sumber di KBS akan berusaha menjawabnya. Terima kasih nak dan selamat melanjutkan belajarmu dengan rasa gembira. 


5 September 2022 2:23

29 Agustus 2022
ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD
Bimbingan Konseling

mohon ijin bertanya. Apa yang harus kami persiapkan agar dapat mengikuti pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dengan lancar ? Kurikulum merdeka itu seperti apa , kok hanya untuk kami yang kelas 7 ?

Bersiap sebagaimana pelajar ya...siap belajar dengan senang hati , agar dapat belajar dengan optimal. sadar bahwa kalian perlu belajar, bukan karena dipaksa belajar.Bersiap juga ya  untuk mengenal/ memahami  bakat & minat masing masing , agar dapat  dikembangkan secara optimal pula. Kurikulum merdeka itu merupakan upaya menuju visi pendidikan dalam membentuk generasi yang berkualitas, mewujudkan  profil Pelajar pancasila. Untuk kls 7 kaarena baru diberlakukan pada tahun 2022 ini.


ORBANTARI DWI SANTOSAWATI,SPD 29 Agustus 2022 3:35

15 Agustus 2022
PUJI LESTARI
Bimbingan Konseling

arti bullying apa ya bu?

Selamat siang ananda, semoga kita semua selalu sehat ....

Terima kasih sudah mengunjungi KBS Online.

Oya bullying  atau perundungan itu adalah sebuah tindak kekerasan yang  dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang yang dianggap lemah posisinya, dalam bentuk verbal (ucapan) maupun non verbal ( tindakan  fisik) dengan tujuan menyakiti, merendahkan, membuat takut, merasa terancam dan tidak tenang.  


Tri Nurjayanti 15 Agustus 2022 2:23

21 Januari 2021
Sttaf vacum Afifah azahra
Bimbingan Konseling

Pak,kenapa air hujan gk pernah habis sih?

 

Selamat siang ananda Staf Vacum / Afifah Azahra yang sedang belajar di rumah . Terima kasih sudah mengunjungi KBS.

Untuk pertanyaan ananda mengapa air hujan tidak pernah habis itu disebabkan karena siklus terkjadinya hujan juga terus berlangsung dialam ini. sehingga air hujan terus dihasilkan dari siklus tersebut. oya ananda bisamembuak lagi diklus terjadinya hujan ya nak. terima kasih. selamat melanjutkan belajar dengaan gembira. selalu sehat dan semangat. terima kasih kami tunggu kunjungannya di KBS lagi. tks

 

 


Tri Nurjayanti 14 September 2021 0:0

14 September 2020
Davindra Ezra Setiyawan
Bimbingan Konseling

Bu bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat? Dan bagaimana agar mudah konsentrasi?

Hllo ananda Davindra, senang ananda sudah mengunjungi KBS online ya nak.  Semoga ananda dan keluarga selalu sehat ya dik.

Setiap orang utamanya pelajar tentu sangat berharap memiliki daya ingat  yang baik , karena daya ingat yang baik sangat berpengarug pada capaian prestasinya. tetapi pada kenyataannya tidak semua anak memiliki daya ingat yang baik. Tetapi bukan berarti anak yang memiliki daya ingat terbatas tidak dapat berhasil. ada bberapa cara untuk mengasah daya ingat dan konsentrasi supaya menjadi lebih baik.

Beberapa cara yg dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi antara lain :

1. Belajar dengan menggunakan gambar. Gambar dapat bermanfaat untuk memanggil ingatan kita tentang sebuah materi pelajaran. Jadi HUNAKAN gambar yang dapat membantu imgatan dan konsentrasi kita.

2. Belajar dengan cara sering mereview.  Artinya materi pelajaran itu sering kita ulang-ulang supaya mengendap dalam ingatan kita.

3. Gunakan jembatan keledai atau singkatan  yang dapat mempermudah kita untuk mengingat-ingat suatu materi pelajaran. 

4.Belajar  dengan menggunakan ringkatasn/ catatan atau kartu catatan, caranya  buatlah catatan=catatan kecil  dlm bentuk yang dapat memabntu ingatan kita terhadap sebuat materi pelajaran 

5. Hindari belajar dengan materi yang langsung banyak sekali karena jelas nnt akan banyak juga yang terlupa, oleh karena belajarlah secara sering dan ajeg supaya memori kita terlatih untuk menyimpan yang kita baca atau kita pelajari. 

6. Belajar dengan membuat coretan-coretan atau latihan mengerjakan  

Itu berapa cara untuk kita melatih ingatan dan daya konsentrasi kita ya  ananda Davindra, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.  Jika ada hal hal yamg belum jelas silahkan ditanyakan lagi ya nak.  Selamat siang dan terrim aksih sudah mengunjungi Kbs, salam sehat dan belajarlah dengan gembira, tks


Tri Nurjayanti 16 September 2020 0:0

 

Ajukan Pertanyaan