• [On Progress] Tentang KBS Online Kota Yogyakarta

Memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta turut meningkatkan sejumlah layanan. Salah satunya Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Online yang cakupannya diperluas. Dari semula hanya dua mata pelajaran, kini bertambah menjadi lima mata pelajaran.

Kepala Bidang Pengembangan Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Samiyo SPd MM mengungkapkan, pada masa tahun ajaran baru serta jelang ujian, KBS Online selalu menjadi rujukan. "Semangat belajar siswa akan terus kami dorong. Tahun ajaran baru harus ada semangat baru," terangnya.

Sebelumnya, layanan KBS Online hanya terbatas pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Kini ditambah tiga mata pelajaran yakni Fisika, Kimia dan Biologi. Layanan itu khusus untuk jenjang SMA. Sedangkan bagi jenjang SMP meliputi Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Layanan KBS Online tersebut dapat diakses dengan jaringan internet melalui laman kbs.jogjakota.go.id. Samiyo menambahkan, layanan konsultasi tatap muka juga bisa dilakukan. Namun siswa harus datang ke Sekretariat KBS Online di Taman Pintar Yogyakarta mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. "Silakan datang agar lebih dekat dengan narasumber. Kecuali hari Minggu karena libur," imbuhnya.

Semangat belajar siswa akan terus kami dorong. Tahun ajaran baru harus ada semangat baru.

Samiyo SPd MMKepala Bidang Pengembangan Kependidikan

Menurut Samiyo, pembelajaran jadi komponen paling penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, selain KBS Online, tidak menutup kemungkinan akan ada inovasi lain untuk mempermudah siswa dalam belajar. Sehingga sembari belajar mandiri di rumah, siswa dapat menyampaikan kesulitan yang dihadapi tanpa harus keluar rumah.